Rabu, 28 Desember 2011

CARA MERESET PASSWORD ROOT PADA CENTOS LINUX

Hari ini gw iseng-iseng menbuka Server Gateway yang sudah lama tidak ane maintenance, soalnye neh Server aman dan nyaman diruangan server. Login ane di server asyik-asyik aje. Terakhir ane lupa password root neh server :D . Alhasil, ane browsing di mbah gugel dapet juge cara reset password root di centos linux. Berikut langkah - langkah buat agan sekalian yang bermasalah same dengan ane :

1. Booting Centos anda, tekan sembarangan tombol untuk muncul tampilan gambar dibawah ini


2. Lalu tekan tombol ‘e’ (tanpa ada tanda petik), yang  masih pada gambar diatas.

3. Pilih boot image linux (biasanya bertuliskan ‘kernel’) lalu tekan ‘e’

4. Tekan Spasi lalu tambahkan angka satu ‘1’ (tanpa ada tanda petik).Perhatikan perbedaaan antara gambar langkah 3 dan 4. Dan tekan Enter jika sudah.





5. Kemudian tekan tombol ‘b’ untuk melakukan proses boot ke OS linux

6. Selanjutkan akan muncul tampilan prompt --> sh-3.2#
silahkan anda ketik  ‘passwd root’ (tanpa ada tanda petik), seperti contoh dibawah ini:
sh-3.2#passwd root
Lalu tekan Enter

7. Masukkan password baru yang anda inginkan

8. Restart kembali komputer anda dengan mengetik ‘reboot’ untuk bisa login dengan password baru ke root centos.

Selamat Mencoba


Jopis Nedel ST
jopis.nedel@gmail.com

2 komentar:

sugito amja simatupang
22 November 2014 pukul 01.49

Terimakasih
atas pemberi tau nya.

suyan
25 April 2016 pukul 00.55

mas saya sudah coba kok gak berhasil ya padahal sudah ada informasi sukses

Posting Komentar